Kumpulan data Semua tentang Breeding ular

Posted on

banyak sekali orang bertanya bagaimana cara berternak ular ( breeding ular  ), Maka dari itu kami mengumpulkan semua artikel tentang cara beternak ular dari proses mengawinkan , mengerami , inkubator sampai menetasnya telur ular tersebut secara mendetail

Berikut ialah semua tentang breeding ular  kesayangan yang akan kalian ternakan berikut adalah jenis jenis ular yang bisa kalian ternakan

bagian 1 : Breeding Ular Blood phyton ( Dipong )

bagian 2 : Breeding ular BALL PHYTON

bagian 3 : Breeding ular Corn snake

bagian 4 : Breeding ular BOA

bagian 5 : Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

bagian 6 : Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)

 

1. Breeding Ular Blood phyton ( Dipong )

blood dipong breeding
blood dipong breeding

Nih Ular asli Sumatra yang di kenal dengan nama Dipong,,, perawatannya mesti sedikit ekstra lantaran perlu sedikit kelembapan,,

Media yg di pakai untuk perawatan dalam kandang yaitu mos (spagnum moss) umum di pakai pada tanaman anggrek, carannya cukup dibasahi (bersihkan dahulu lho, karna terkadang bila kita beli yg karungan masihlah kotor banyak tanah2nya,,) jadi mesti bebrapa kerap dicuci ya jika tidak tar kotorannya pada di mos serta jika kelamaan dapat jamuran lahh,, jika jamuran jadi buat penyakit.

Terkecuali jamuran Dipong dapat juga stres, stres dari langkah perawatan atau yang lain, Dipong dapat juga flu, serta terkadang dapat ngak makan (bergantung mud ularnnya),

Breeding Blood phuton ( Dipong )
Breeding Blood phyton ( Dipong )

Beberapa nama Latin yang lain : Python Curtus Brongersmai, Python Curtus Curtus, Python Curtus Breitensteini

Breeding Blood phuton ( Dipong )
Breeding Blood phuton ( Dipong )

,,, semua bisa dibedakan lewat guratan-guratan garis pada kepala (yg gue tau) ada pula berdasar pada asal tempatnya,,,
tidak cuma di Sumatra namun Dipong ada pula di Kalimantan, Semenanjung Malaysia, sumatra sisi timur serta sumatra sisi tengah (dibatasi pegunungan), pulau bangka, pulau2 di selat malaka, termasuk juga kepulauan lingga, kepulauan riau serta pinang.

ini satu diantara gambar Dipong kalimantan (borneo)
Dipong melahirkan anak-anaknya lewat cara bertelur (selusin lhoo,)

Breeding Blood phuton ( Dipong )
Breeding Blood phuton ( Dipong )

Ini yaitu contoh gambar-gambar Dipong yang gue dapet di situs2 (dari mbah Google) gambar Dipong yang tengah mengerami telur-telurnya,,, serta piaraan orang bule yang tengah menetas,,, wahh-wahhh,,, lutuna… hehe

Jadi untuk beberapa hobbiiss di Indonesia mesti keduanya sama meningkatkan Dipong juga.. lantaran Dipong juga satu diantara Reptil Endemik Indonesia (hayo semangat) masak hanya Retik-retik aza yang umumnya di breeding…
gue tau siiihhh… tentu ada banyak masalah untuk Dipong, dari mulai suhu yang perlu betul-betul cocok tenan

2. Breeding ular BALL PHYTON

Breeding ular BALL PHYTON
Breeding ular BALL PHYTON Di habitat aslinya, beberapa ular BALL PHYTON ini Kimpoi di musim basah atau musim hujan di mana dengan cara Logika bila kimpoi di musim ini, ular BALL PHYTON dapat keluarkan telur di waktu musim basah selesai (agar gk kebanjiran kali ya….).

To make things short, mrk umum kimpoi pd suhu yg lebih rendah serta keluarkan telur pd waktu musim panas supaya telur dapat memperoleh panas yg dikehendaki. Itu juga yg menerangkan knp untuk beberapa ular BALL PHYTON, pd suhu yg lebih rendah mendekati musim kimpoi, appetite makan mrk bertambah utk persediaan tenaga pd sistem kimpoi n pengeraman yg memerlukan byk daya. Dr literatur yg gw baca, beberapa ular (termasuk juga ular BALL PHYTON mempunyai kekuatan untuk ” menahan ” terjadinya pembuahan hingga mrk dapat memperoleh suhu yg mrk anggap pas utk keluarkan telur2 mrk. ck.. ck ck. Yg lebih hebat lg, beberapa uler jg dapat menyeleksi sperma mana yg bakal jadikan telur (berlangsung pd perkimpoian massal di mana 1 ce dikimpoi oleh byk co).

Breeding ular BALL PHYTON
Breeding ular BALL PHYTON

Mnrt penilaian gw, dgn 4 musim yg dipunyai, beberapa breeder USA begitu ” diuntungkan ” (blessing in disguise) krn nyaris selama bln., mrk hrs memakai heater n pengatur suhu hingga mrk dpt merekayasa suhu kamar. Konsekwensinya tingkat kesuksesan breeder di US lebih tinggi dibanding dgn breeder indonesia yg cuma memakai suhu alam yg saat ini kerap berubah-ubah. Penciptaan lingkungan yg ideal adalah kunci kesuksesan breeding ular BALL PHYTON yg berkelanjutan.

Breeding ular BALL PHYTON
Breeding ular BALL PHYTON

Gw jadi miliki fikiran mgkn tambah baik breeding di pegunungan yg dingin spt dieng/puncak dgn memakai heater & pengatur suhu hehe. Pernah ada ular BALL PHYTON yg dapat bertahan hidup pd waktu pengiriman dr Afrika ke US tanpa ada heater di mana suhu di cargo pesawat dapat di bawah 10 derajat celcius. Pd waktu pertama pelihara ular BALL PHYTON, gw hrs kehilangan ular BALL PHYTON seberat 2, 5 kilo cuma krn kepanasan hingga GW lebih cenderung utk ular BALL PHYTONendapat kalau ular BALL PHYTON lbh tahan pada cuaca dingin daripada panas.

Nah kekuatan ular BALL PHYTON lalu di manipulasi dgn rekayasa suhu kamar utk memperoleh sistem breeding yg lebih tentu hingga utk beberapa breeder patokan bln. atau musim kimpoi tdk sangat punya pengaruh banyak.
Pd breeding ular BALL PHYTON suhu ideal yg dipakai utk membuahkan tingkat kesuksesan tinggi yaitu sekitar pada 72 s/d 82 F atau sekitaran 22 s/d 27C dg kelembapan sekitaran 60-65%.

Breeding ular BALL PHYTON
Breeding ular BALL PHYTON

Jika miliki kamar spesial utk merekayasa suhu, turunkan suhu hingga sekitaran 22-23 derajat celcius pada malam hari. Jika butuh, malam “diperpanjang” dg membatasi lampu atau cahaya matahari masuk kedalam kamar. Setelah itu, masukin ular BALL PHYTON jantan ke tempat ular BALL PHYTON betina. Pd masalah spesifik (bg ular BALL PHYTON yg msh perawan), sistem perkimpoian mrpkn sistem yg bikin stress hingga kadang2 mrk keluarkan pup. Utk persiapan kimpoi umumnya mereka di beri makan yg cukup banyak sebelumnya lalu dipuasakan sekitaran 2-3 minggu.

Amati tanpa ada mengganggu sistem kimpoi. Bila berlangsung perkimpoian jadi bakal berlangsung sama-sama mengait pada kelamin mereka serta sperma bakal disemprotkan ke betina (lock n load). Kelamin Si jantan umumnya dibawah si betina. Biarlah sistem lock berjalan. Janganlah sekali-kali coba memisahkan mrk. Biarlah mrk berbarengan sepanjang 2 atau 3 hari. Sesudah 2 atau 3 hari, pisahkan mereka dg catatan sistem lock telah usai.

Sesudah pembelahan biarlah betina beristirahat. Mandikan si jantan dgn air hangat serta sabun yg mild (dove atau sabun bayi bagus) utk menyingkirkan bau si betina. Bau si betina yg melekat, kadang-kadang bikin si jantan tidak ingin makan serta gelisah menginginkan kembali lakukan kimpoi.

Istirahatkan si jantan sepanjang 3 hari serta jgn berikan makan bila bakal dikimpoikan lg dgn betina lain. Batasi kimpoi si jantan krn kimpoi terlalu berlebih dapat mengakibatkan mati lemas untuk si jantan… hehehehe seperti orang saja…

Bila sukses bertelur, bbrp breeder lebih suka pada bila telurnya byk yg membuahkan betina serta pemilihan type kelamin memanglah dapat ditetapkan lewat rekayasa suhu. CMIIW, nyaris semuanya type kelamin dlm telur reptile ditetapkan oleh suhu. Arti umum untuk pemilihan kelamin pada type reptile oleh suhu di kenal dgn arti TSD (temperature-dependent seks determination). Pd kehidupan reptile, mekanisme ini berlangsung ketika telur sudah dierami atau telur sudah masuk dlm lingkungan inkubator. Saat gawat yg dinamakan”thermosensitive periode” berikut yg memastikan perubahan embrio jadi co atau ce masa datang. Walau bagaimanapun, ada pula beberapa reptile yg type kelamin dalam telur ditetapkan oleh Gen serta di kenal dg arti GSD = genotypic seks determination.

Blm ada study spesial mengenai ular BALL PHYTON berkaitan TSD tetapi riset pd spesies crocodile, suhu rendah serta tinggi bakal membuahkan type kelamin betina serta suhu ditengahnya bakal membuahkan type kelamin jantan. Pd spesies turtle, suhu rendah bakal membuahkan type kelamin jantan n demikian sebaliknya.

3. Breeding ular Corn snake

breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

ular Corn snake telah populer dengan ukuran badannya yang imut, sisik yang cantik serta berwarna-warni. Ular manis yang satu ini begitu disukai oleh beragam kelompok, bahkan juga seringkali mereka yg tidak suka pada ular bakal terasa gemas pada simungil ini.
ular Corn snake di Indonesia bukanlah binatang eksotis yang umum dengan market yang masihlah lumayan tinggi, hingga timbulah dari sebagian hobbyist hasrat untuk mengembang biakan ular koleksi mereka. Mengembang biakan ular Corn snake termasuk juga hal yang begitu gampang di banding dengan pengembang biakan ular type lain seperti boa constrictor. Walau demikian, sebelumnya kita mengambil langkah jauh pada tema mengemang biakan ular Corn snake, ada beberapa hal utama yang perlu diperhitungkan dengan masak.

Apakah anda betul-betul menginginkan mengembang biakan ular Corn snake anda?
Bakal dikemanakan bayi-bayi ular Corn snake anda sesudah menetas?
Apakah anda bakal menjualnya? Bila benar apakah anda sudah mempunyai market untuk menjualnya? Bila mustahil anda bakal bangkrut dengan cost bulanan yang makin membengkak dari saat ke saat, bisa saja anda bakal jual bayi anda dengan harga yang begitu murah selanjutnya.
Apakah anda telah siap untuk pelihara beberapa besar ular-ular yang bakal anda punyai? Mesti diingat kalau tanggung jawab anda bakal makin besar dengan jumlah ular yang bertambah cepat, bersihkan demikian banyak kandang bakal begitu melelahkan serta mungkin saja anda bakal terasa jemu dalam sekian waktu.

breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

Apakah anda telah mempersiapkan dana untuk pakan serta kandang? Seekor ular Corn snake betina umumnya bisa menetaskan telur sampai 15 ekor, bayi-bayi itu bakal melahap lebih kurang 30 bayi tikus putih (pinkies) tiap-tiap minggunya. Sedang bayi tikus putih begitu susah didapat dipasaran, jangankan 30 ekor perminggu, kadang-kadang mencari lima ekorpun sangatlah susah.
Apakah anda siap mempertaruhkan nyawa ular Corn snake anda? Mengawinkan ular Corn snake mempunyai sebagian kemungkinan yang anda mesti mengerti.
Kemungkinan dalam perkawinan dua induk ular Corn snake :
Dystocia : lebih di kenal dengan egg-binding, ini adalah sistem bertelur yg tidak normal. Saat bertelur induk betina memerlukan daya yang begitu banyak. Bila kondisi induk betina tak sempurna, dapat di pastikan bakal beresiko untuk kesehatannya serta bisa mengakibatkan kematian.
Transfer Disease : Dalam perkawinan dua induk seringkali berlangsung perpindahan penyakit pada keduanya. Kadang-kadang ular membawa pathogen yg tidak beresiko untuk dianya namun bisa membahayakan ular lain.
Kanibalisme : Walaupun begitu tidak sering berlangsung, satu diantara induk mungkin saja membunuh serta mengonsumsi induk yang lain.
Tidaklah maksud hati untuk mengurungkan kemauan anda, namun anda mesti sadari kalau anda bakal mempunyai tanggung jawab yang lumayan besar berbarengan dengan mengembangnya koleksi anda kelak.
Bila anda masihlah bersikeras untuk mengembang biakan ular Corn snake anda, silakan membaca selanjutnya.

Beberapa Step Breeding ular Corn snake

1. Pre-Breeding Conditions :

Yang butuh anda ingat sebelumnya anda mengawali yaitu meyakinkan ke-2 ular induk dalam keadaan sempurna, tak sakit dengan berat tubuh yang sesuai sama. Keadaan kesehatan yang kurang baik pada induk dapat menyebabkan komplikasi pada induk betina serta telur-terlunya. Ditambah lagi bila anda menempatkan ular yang sakit pada saat hibernasi keadaan ular bakal amat cepat lebih buruk serta dapat menyebabkan fatal. Induk betina dengan keadaan tak sehat kerap diketemukan mati pada saat kehamilan atau saat bertelur.
Timbanglah Ular : Sebelumnya mengawali sistem hibernasi, timbanglah ular terlebih dulu lantaran ular bakal alami pengurangan berat tubuh sampai sebagian gr.
Over Feeding : Anda dapat memberikannya makanan dengan ukuran semakin besar dari pada umumnya serta seringkali. Kerjakan “over feeding” ini kurun waktu lebih kurang enam bln. sebelumnya hibernasi.
Kosongkan perut ular : Sebelumnya anda mengawali sistem hibernasi, yakinkan kalau perut ke-2 induk ular dalam kondisi kosong.

2. Brumation :

breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

ular Corn snake yaitu reptil yang datang dari Negara dengan empat musim, satu diantara hal yang tentu dikerjakan ular Corn snake sepanjang musim dingin yaitu hibernasi, arti hibenarsi untuk reptil lebih pas dimaksud dengan “Brumation”. Saat yang paling baik yaitu sesudah musim hibernasi, sudah pasti awal spring. Namun berhubung Indonesia cuma mempunyai dua iklim anda bisa merekayasa brumation ini dengan permainan suhu. Sebagian breeder reptile tak lakukan brumation atau menghibernasikan hewan mereka sebelumnya sistem perkawinan. Namun begitu disarankan untuk lakukan brumation lantaran pada spesies spesifik, induk pria yang sudah melakukan sistem penurunan suhu lebih fertil (subur) daripada ular yg tidak melakukan sistem penurunan suhu, demikian halnya pada induk betina yang sudah alami sistem penurunan suhu dapat menghasilkan telur yang tambah baik daripada yang tidak

Pre Cooling

Pre Cooling yaitu penurusan suhu berkala untuk sistem brumation sampai suhu 50F/32C sepanjang sebulan. Sistem penurunan suhu ini bakal mengonsumsi saat 2, 5 sampai 3 bulan
– Susunlah suhu Pre Cooling sekitaran 65F/47C s/d 70F/52C lebih kurang sepanjang lima sampai tujuh hari.
– Lalu susunlah suhu di antara 55F/37C sampai 60F/42C sepanjang sekitaran sebulan.
– Atur kembali suhu 50F/32C dalam periode waktu satu sampai dua bulan
Pengurangan suhu yang dengan cara perlahan-lahan itu begitu dibutuhkan untuk hindari surprise suhu pada badan ular untuk sistem brumation. Tanpa ada sistem penurunan suhu yang bertaraf serta pas bisa menyebabkan banyak komplikasi pada induk ular.

After Cooling :

Sesudah suhu kandang munurun sampai 50F sepanjang sebulan, anda mesti kembali menaikan suhu dengan bagian terbalik. Atur suhu pada 65F-70F lebih kurang 5 sampai 7 hari, lantas naikan suhu kandang kembali ke kondisi normal seperti umumnya. Biarlah ular pada suhu normal sepanjang dua sampai tiga hari kemarin berilah makan dalam jumlah kecil. Lima hari lalu anda dapat mulai berikan makan ular anda dalam jumlah serta jadwal seperti umumnya.

3. Mempertemukan Dua Induk :

breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

Anda mempunyai dua pilihan dalam mempertemukan dua induk :
Tunggu sampai induk betina bertukar kulit sekali sesudah brumation. Ini adalah saat perkembang biakan yang maksimal lantaran sisik ular yang fresh memiliki kandungan pheromones yang bisa merangsang sistem perkawinan.
Tunggu sampai induk betina sudah 3 atau 4 kali makan sesudah brumation. Sebagian besar breeder pilih langkah tersebut lantaran lebih memberikan keyakinan sebagai tolak ukur kalau induk betina sudah betul-betul sembuh dari sistem brumation.
Pertemukan ke-2 induk jantan serta betina pada satu kandang. Berilah makan sesuai sama jadwal seperti umumnya, namun berharap diingat untuk memisahkan mereka sewaktu pemberian makan.
Meskipun dengan cara biasanya sistem perkawinan berlangsung saat malam hari, seringkali ke-2 induk kawin sesudah shedding (ganti kulit) atau sesudah makan.
Anda dapat memisahkan ke-2 induk sesudah sekian kali kawin atau anda dapat menanti sampai perut induk betina mulai membengkak.
Sesudah anda lihat pembengkakan pada perut induk betina, berilah dia pakan yang seringkali serta semakin banyak. Hal itu begitu utama untuk melindungi kesehatan induk serta telurnya lantaran induk yang hamil memerlukan konsumsi nutrisi yang begitu banyak. Ditambah lagi karena induk bakal alami banyak penurunan berat tubuh.

4. Betina Bertelur :

Induk betina bakal bertelur sekitaran 20 sampai 30 hari sesudah sistem perkawinan. Kurun waktu lebih kurang satu sampai dua minggu sebelumnya bertelur, induk betina bakal bertukar kulit, sesudah perubahan kulit ini induk betina bakal berhenti makan sampai bertelur.
Pada saat maksimal ini anda mesti mempersiapkan wadah penambahan sebagai sarang untuk bertelur untuk induk betina. Anda dapat memakai ember atau wadah silinder plastik yang cukup besar untuk induk melingkarkan tubuhya seperti pada posisi mengeram. Letakan wadah itu di dalam kandang induk betina. Berilah lubang pada segi ember/wadah plastik hingga sebagai jalan keluar masuk untuk induk. Anda kelak bakal kerap lihat induk betina bersembunyi dalam sarang terserbut serta menjulurkan kepala sampai batas lehernya saja keluar.
Isilah 1/2 penuh wadah sarang dengan medium atau lumut yang lembab, umum digunaka “peat moss”, “sphaghum moss” atau “vermiculite”. Medium ini bakal menolong telur-telur dari dehidrasi serta melindungi posisi telur supaya tak bergulir saat sang induk bergerak.
Biasanya induk betina bakal bertelur pada wadah sarang itu, namun seringkali induk betina bertelur pada posisi lain di luar sarang.
Janganlah ganggu induk sepanjang masa bertelur lantaran ini yaitu saat yang begitu stress untuk induk. Anda mungkin saja mesti memindahkan induk pada saat mengambil telur, namun biarlah si induk beristirahat sepanjang dua sampai tiga jam sesudah dia usai bertelur. Pada sekarang ini anda baiknya selalu memberi induk betina dengan jumlah makanan yang kecil untuk melindungi nutrisi serta staminanya.

5. Pengeraman serta Penetasan :

breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

Pisahkan Telur : Pisahkan telur dengan induknya. Upayakan posisi telur tetaplah lantaran besar kemungkinan embrio ular bisa terbenam bila anda membaliknya.
Biasanya telur bakal melekat keduanya, cermati warna serta corak dari tiap-tiap telur. Telur yang sehat mempunyai warna putih bersih, memiliki bentuk bundar serta halus. Telur yang jelek bakal terlihat kekuningan serta merasa lembab atau basah. Bila anda tak terasa meyakini dalam membedakan pada telur yang subur dengan yg tidak, tunggu sampai sebagian telur membusuk. Pisahkan telur yang baik dengan yang jelek untuk hindari pembusukan menular. Telur yang jelek umumnya begitu gampang untuk dipisahkan dengan telur yang lain, sedang telur yang baik bakal melekat erat. Jangan sampai pisahkan telur yang baik lantaran pastinya akan robek. Telur yang jelek terkadang bisa dipisahkan dengan benang flosh yang umum digunakan untuk bersihkan sela gigi.
Sebagian breeder bersikeras kalau telur yang jelek tak membahayakan telur yang baik, namun tetap harus bau telur yang jelek begitu menyengat serta seringkali masalah berlangsung di mana telur yang jelek membusukkan semuanya telur yang baik.
Inkubasi serta Medium : Anda memerlukan inkubasi yang bisa anda beli atau anda bikin sendiri, umpamanya Hovabator incubator. Anda bisa bikin home made incubator dengan pendingin sterofom (Styrofoam), pita pemanas serta thermostat. Apakah anda pusing mendengarnya? Janganlah cemas lantaran sebenarnya telur bisa menetas nyaris disegala jenis wadah dengan penyusunan suhu serta kelembapan yang pas. Menurut riset terbaru, penyusunan suhu bisa beragam sekitaran 78F/60C s/d 80F/62C atau ada saatnya didapati penetasan dengan suhu 72F/54C s/d 90F/72. Macam suhu yg tidak terlalu jauh dari normal bisa membuahkan produksi dengan jumlah rasio type kelamin yang seimbang, jumlah yang semakin banyak serta hasil anakan yang lebih kuat.
Manfaatkanlah medium yang bisa menjaga suhu dengan baik. Beberapa orang mereferensikan “vermiculite” serta “perlite” sebagai medium eraman. Campur ke-2 medium dengan air atau satu diantaranya saja juga cukup, rasio perbandingan pada air serta medium yaitu 4 : 3. Sebagian breeder lebih suka pada perbandingan rasio 1 : 1. Yakinkan saja bila medium eraman lembab namun janganlah terlalu basah. Wadah inkubasi anda memerlukan lubang ventilasi untuk perubahan hawa. Anda dapat buka wadah saja tanpa ada bebrapa ribet bikin ventilasi. Namun dengan buka wadah memiliki resiko telur anda dikonsumsi binatang pemangsa seperti tikus.
Letakan telur pada medium, ada yang menempatkannya demikian saja ada yang menguburkannya 1/2 atau tiga perempat sisi. Meletakannya 1/2 terkubur semakin lebih baik lantaran telur dalam posisi yang paling aman. Sekali lagi, hati-hatilah supaya posisi telur tak terbalik saat anda meletakannya, lantaran dapat mengakibatkan embrio dalam telur terbenam.
Sesudah 40 sampai 45 hari, sebagian besar breeder bakal tutup telur-telurnya dengan Koran atau anduk kertas yang dibasahi hingga merasa lembab. Hal semacam ini dikerjakan untuk melindungi kulit telur supaya tetaplah lembut, hingga penetasan bakal jalan lebih gampang untuk bayi ular.
Hal yang paling dijauhi yaitu kehilangan telur-telur anda sesudah sistem yang demikian panjang serta lama. Jadi yakinkan bila anda mengatur dua hal yang begitu utama dengan pas, yakni temperatur serta tingkat kelembapan.
Suhu yang tinggi memanglah bisa mempercepat penetasan telur, namun ini memiliki resiko semakin besar dalam kegagalan penetasan. Telur bakal menetas sekitaran 50 sampai 55 hari.

Penetasan :
breeding ular cornsnake
breeding ular cornsnake

Tibalah waktu yang paling ditunggu, pada hari ke lima puluh umumnya bayi ular mulai mengonsumsi cairan dalam cangkangnya lantas mulai memotong cangkang dari dalam. Pada akhirnya anda bisa lihat kepala kecil mulai keluar serta mengintip dunia untuk pertama kalinya. Berikut waktu yang paling menegangkan serta menggairahkan untuk breeder.
Bantulah bayi-bayi ular anda dengan memotong cangkang lebih lebar hingga mereka lebih leluasa untuk keluar. Bila kurun waktu 24 jam ada telur yg tidak juga ingin menetas, irislah cangkang dengan pisau yang begitu tajam. Hati-hatilah supaya tak memotong bayi ular didalamnya. Biarlah ular keluar dengan sendirinya.
Saat bayi ular sudah prima keluar dari cangkangnya, anda dapat mengangkatnya serta menempatkan mereka di atas handuk yang bersih supaya cairan yang melekat pada yubuh bayi ular menyerap pada handuk. Sesudah kering anda dapat mulai menempatkan mereka pada kandang-kandang yang anda sudah siapkan.

First time Feeding :

Bayi ular yang baru menetas bakal mulai makan sesudah perubahan kulit yang pertama. Berilah pinkies kepadanya tiap-tiap tiga sampai empat hari. Frekwensi perubahan kulit bayi ular Corn snake mengonsumsi saat empat sampai lima minggu sekali. Seperti ular dewasa, bayi ular Corn snake bakal mogok makan saat tiba waktunya untuk ubah kulit.
Jadi apakah anda telah siap coba?

4. BREEDING ULAR BOA

BREEDING ULAR BOA
BREEDING ULAR BOA

Mungkin saja ada yg baru ingin mengawali project breed boa
Ada pengetahuan dikit niih mungkin saja dapat berguna…. hehe
Ini Berdasar pada pengalaman gw yaa serta yg gw baca2 mengenai breed boa yak klo ada yg tidak sama silakan saja di berbagi kita berbagi bareng2 disini…. jgn pelit2 ama pengetahuan yaa gak barokah ntar…. hehe

BREEDING ULAR BOA
BREEDING ULAR BOA

Musim kawin Boa di Indonesia umumnya di pertengahan bln April – Juni, ciri2 boa birahi umumnya nafsu makan turun serta yg paling keliatan sekali yaitu dengan menggaruk sisi atas duburnya apabila ekornya kilatan naik keatas, kloaka keluar serta gerakan badannya menggeliat2 besar kemungkinan telah birahi.

Jika telah terlihat birahi ambillah betinanya serta satukan dalam kandang si jantan, kerjakan saat malam hari sesuai sama kesibukan boa, umumnya apabila keduanya sdh birahi apabila dikumpulkan keduanya bakal terlihat gelisah serta umumnya bakal megeluarkan cairan serta si jantan juga bakal berupaya mengawinkan si betina, apabila telah dikumpulkan umumnya 2-3 jam si boa bakal kawin apabila keduanya dalam kondisi sdh birahi, apabila belum ingin kawin angkat betinanya serta pindahkan ke tempat lain serta dapat cobalah di ulangilah besok malamnya lagi.

BREEDING ULAR BOA
BREEDING ULAR BOA

Jika sistem kawin (Lock) telah usai pisahkan keduanya min. 3 hari break, lantas sesudah isitirahat 3 hari dapat di padukan lagi. Dalam saat break keduanya dapat diberi makan tetapi porsinya supaya dikurangi dari umumnya, Ulangilah selalu sistem kawin tsb hingga si boa nolak kawin.
Saat telur, pengeraman dalam perut serta lahir lebih kurang 6 bln..
Untuk merangsang birahi ular boa minuman pada ular dapat digabung Vitamin B kompleks atau B12.
Pertengahan April umumnya jantan telah mulai birahi

Ciri Ciri Umum boa Hamil :

– Umumnya mogok makan (meskipun tdk ingin makan tetapi tetep di kandangnya di berikanlah tempat minum)
– Umumnya males bergerak (mojok serta slalu melingkar bulat)
– Warna kulit kliatan agak drop/kusam
– Awal hamil perut kliatan besar kaya setelah di kasih makan banyak tetapi sesudah sebagian minggu aga kempes serta besarnya jd melebar kesamping (ceper)
Kapan boa bakal melahirkan :
– 120 hari dari ovulasi : 4 bulan
– 105 dari sheeding paling akhir : 3, 5 bulan

Ciri Ciri umum boa bakal melahirkan

– Satu bulan sebelumnya melahirkan umumnya tidak ingin makan

BREEDING ULAR BOA
BREEDING ULAR BOA

– Pupnya cuma putihnya saja
– Keliatan Agak gelisah
– Mencari tempat yg agak hangat tak panas (umumnya ada dibawah lampu selalu apabila kandangnya diberi lampu)
– Perutnya kadang2 di gesek2an ditempat minumnya
Apabila kita memperoleh Boa kita dalam sistem melahirkan :
– Biarlah saja si boa melahirkan sampai semuanya baby2 boa kluar serta janganlah di ganggu dilihat saja hingga sistem melahirkan usai.
– Apabila telah meyakini baby boa telah keluar semuanya pindakan baby2 itu dalam wadah/container yang bersih serta kering supaya tak tertekan/kejepit induknya didalam kandang karna jika tertekan dapat mengakibatkan kematian atau cacat
– Jika baby boa masihlah terbungkus selaput plasentanya biarlah saja tunggulah hingga keluar sendiri atau mungkin dengan mengelus2 sisi kepalanya, bila tak keluar dapat pula kita menyobeknya tetapi dengan hati-hati ketika menyobeknya upayakan jangan pernah terserang urat –urat merahnya serta yakinkan kepala si baby keluar dari selaput itu karna apabila kepala masihlah didalam atau masuk lagi dalam selaput si baby dapat mengakibatkan keracunan cairannya.
– Jika telah keluar smua pindahkan baby2 boa itu dalam gex yang baru dengan diberi alas handuk/lap yang sudah direndam air hangat terlebih dulu serta di peras, untuk melindungi kelembapan serta suhu didalam kandang, tetapi sebelumnya di pindahkan dapat di mandikan atau dibikin bersih terlebih dulu lendir atau darah yang masihlah melekat pada tubuhnya dengan direndam di air yang hangat/umum.
– Jika tali plasentanya masihlah ada biarlah saja jgn dipotong atau di gunting karna dapat mengakibatkan pendarahan sampai kematian pada baby boa, biarlah saja lantaran tali tersebuat bakal putus dengan sendirinya sesudah sekian hari.
– Letakan gex tersebut di tempat yang aman serta di suhu yang stabil.
– Berikanlah tempat minum dalam gex itu.
– Biarlah hingga tali plasentanya terlepas serta perutnya rapat sendiri.
– Biarlah sampai baby boa sheeding pertama
– Apabila telah sheding baby boa dapat di berikanlah makan baby rat atau mencit sapih.

5. Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia
Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

Candoia bisa dibiakkan apabila umurnya sudah cukup masak. Untuk ular betina bakal alami kematangan seksual pada usia diatas 1 th.. Sedang pejantan bakal mengalamai kematangan seksual pada umur 9 bln.. Terkecuali lihat usianya dapat juga diliat dari panjang badannya. Ular betina idealnya sekitaran 70 cm an keatas sedang jantannya 50 cm an keatas.

Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia
Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

Di alam liar candoaia bisa lakukan perkawinan pada ukuran 40 cm. Pada saat kehamilan kemungkinan kematian induknya termasuk juga tinggi. Lantaran umumnya ular mono pohon atau candoia di saat hamil bakal mogok makan. Di alam, ular mono pohon atau candoia yg hamil bisa bersembunyi dimanapun ditempat yg tenang tanpa ada diganggu hingga daya serta tenaganya tdk sangat terkuras. Sedang bila ular mono pohon atau candoia peliharaan kita, meskipun kita simpan ditempat yg tenang tentu senantiasa saja ada gangguannya. Nah dalam kondisi seperti ular mono pohon atau candoia senantiasa siaga dgn sekitar lingkungan kandangnya hingga mengakibatkan tenaganya habis. Terkadang kita tidak tau jika ular mono pohon atau candoia kita tengah hamil muda hingga kita selalu ” main2 ” di tangan kita.

ular mono pohon atau candoia itu hamil sekitaran 7-9 blnan. Kemungkinan besar pada saat hamil 2-5 blnan. Sesudah melalui 5 bln, kemungkinan kematiannya jadi kecil. Yang paling susah yaitu menyiapkan betinanya siap utk perkawinan. Kita hrs bener2 menyiapkan kalo2 indukan itu puasa sepanjang 7-9 blnan. Syukur2 jika sepanjang hamil, induk tsb masihlah ingin makan namun jika tidak ingin makan, kematian indukannya begitu besar.

Menurut aku, sebenernya tidak cuma panjang ular mono pohon atau candoia saja yg kita ulas disini namun usia serta besar butuh di pikirkan juga… Terbagus usia betinanya minimal 1 thn sedang jantannya minimal 8 blnan. Betina yg berusia 1 thnan umumnya panjang sekitaran 45 cm an keatas sedang jantannya panjang sekitaran 40 cm an.. ini ukuran utk ular mono pohon atau candoia carinata carinata saja sedang utk halmahera umurnya nyaris sama dgn carinata namun panjangnya diatas 1 mtr lantaran halmahera termasuk juga uler type besar.. Sedang utk mono tanah sama juga dengan halmahera… Monotanah serta halmahera sebenernya patokannya sama juga dengan dipong lantaran ke-2 type ini termasuk juga uler tanah.

Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia
Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

Lantas saat yg terbagus utk pencampuran ular mono pohon atau candoia yaitu di saat musim hujan atau suhu sekitaran dingin (bkn dingin ac ya). Jika diluar negeri umum ular mono pohon atau candoia kawin pada bln. november/desember di saat musim dingin. sedang di indonesia di musim hujan saja. Ini berlaku utk ular mono pohon atau candoia. Jika Halmahera serta mono tanah baiknya digabung jika suhu sekitaran lembab atau saat musim yg hujan trus tiba2 panas trus hujan lagi… gue bingung itu musim apa ya??? Pokoknya patokannya dapat di samakan dengan saat perkawinannya dipong.

Anjuran aku hanya satu jika bener2 ingin breed mending sekalian saja breed dari lokality yg cukup bagus… sia-sia juga jika breed dari lokality yg biasa2 saja lantaran selalu jelas lelah juga nunggu lama2 eh yg keluar anakannya kurang bagus… 8-9 bln bho.. nunggunya…

jika kita ingin breed resikonya sangat banyak… kematian anak2nya ataupun induknya…
1. 2-5 bln kemungkinan kematian anak serta induknya
2. 5-8 bln kemungkinan kematian anak2nya
3. Saat melahirkan kemungkinan anak2 serta indukannya mati. Jika kita tidak menyiapkan bener2 indukannya jadi induknya dapat mati lemas sesudah melahirkan.
4. 1-2 minggu sesudah melahirkan kematian anak2 serta indukannya Lantaran sepanjang 2 minggu sesudah lahir anak ular mono pohon atau candoia tidak makan.
5. Tidak berhasil shed 1 anak2nya kemungkinan kematian anak2nya. Kadang2 anak2nya pada shed 1 kurang dapat terkelupas kulitnya jadi terkadang hrs kita bantu..
6. Sesudah melahirkan terkadang indukannya tidak ingin makan shg kemungkinan kematiannya cukup besar.

Banyak khan resikonya jika ingin cobalah breed ular mono pohon atau candoia.. ini utk ular mono pohon atau candoia saja ya lantaran aku blm pernah nyoba breed halmahera serta mono tanah.

Di atas di ulas sedikit tentang resikonya… saat ini tentang pencampurannya. Aku telah coba utk mengawinkan indukan dengan beragam komposisi seperti 1 betina : 1 jantan, 1 betina : 2 jantan, 1 jantan 2 betina, 1 jantan 3 betina… Nah dari pengalaman tsb aku dapat mengambil rangkuman yang paling cepat perkawinannya yaitu 1 jantan 2-3 betina.

 

Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia
Breeding Ular Mono Pohon atau Candoia

Tambah baik buat persiapan ular anda dengan berikan makan yang teratur supaya gemuk sebelumnya anda mulai mencampurkan dengan pasangannya. Sebab bila mogok makan waktu saat hamil bakal beresiko untuk induk betina nya. Jumlah neonate/baby ular mono pohon atau ular mono pohon atau candoia yang dibuat dari perkawinan pertama umumnya tidaklah terlalu banyak. jumlah bakal jadi tambah pada perkimpoian setelah itu.

Neonate Care and Feeding

Jika Anda telah sukses dalam usaha pemuliaan Anda Anda harus berakhir dengan sekelompok bayi. f Anda telah sukses dalam upaya pemuliaan Anda Anda harus berakhir dengan sekelompok bayi. Rata-rata jumlah bayi yang baru lahir berkisar sekitar dua puluh atau tiga puluh bagi perempuan masing-masing. Seperti yang Anda lihat, orang-orang ini adalah TINY!.

Rumah mereka seperti yang Anda lakukan setiap bayi ular. Saya menggunakan wadah kecil tupperware dengan dua piring kecil air.
Aku mengambil bagian-bagian kecil dari tabung handuk kertas dan meratakan itu.
Mereka akan menggunakan ini untuk menutupi untuk menyembunyikan.
Aku menjaga bayi saya suhu di 78/82 derajat karena Anda akan orang-orang dewasa. Jika Anda beruntung, bayi Anda akan menerima pinkies bayi terkecil.
Untuk keras kepala bayi Anda mungkin perlu untuk feed atau setidaknya aroma pinkies dengan katak atau kadal kecil seperti rumah gecko atau anole. Ini membantu untuk memiliki peternakan koloni disebutkan kadal/katak jika Anda berencana untuk berkembang biak untuk banyak bayi setiap tahun. Cobalah makan bayi setiap tujuh untuk empat belas hari.

Dari bayi yang saya punya, aku membiarkan mereka mengatur jadwal pakan mereka sendiri.

Anda akan menemukan beberapa akan makan setiap tujuh hari sementara orang lain akan pergi hingga empat belas hari antara makan!.

Ingat dengan bayi menjadi enam sampai delapan inci saat lahir, kelingking kecil atau kadal adalah makan besar. Ada banyak ruang untuk mencoba metode pakan yang berbeda dan sumber-sumber makanan dengan orang-orang ini.

Aku punya beberapa makan ikan kecil (guppies/rosies) untuk makan pertama. Terbaik untuk mencoba untuk mendapatkan pengumpan Anda keras kepala pada pinkies secepat Anda dapat untuk kesehatan terkait alasan.

6 . Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)

Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)
Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)

Sanca kembang terhitung ular terpanjang didunia. Ular terpanjang ini dapat meraih 10meter tetapi masihlah rancu belum ada bukti tentunya sedang berat optimal yang terdaftar yaitu 158 kg (347. 6 lbs). Ular sanca termasuk juga ular yang berusia panjang, sampai kian lebih 25 th..

 

Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)
Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)

Ular-ular betina mempunyai badan yang semakin besar. Bila yang jantan sudah mulai kawin pada panjang badan sekitaran 7-9 kaki, yang betina baru pada panjang sekitaran 11 kaki. Dewasa kelamin terwujud pada usia pada 2-4 th..
Musim kawin berjalan pada September sampai Maret di Asia. Menyusutnya panjang siang hari serta berkurangnya suhu hawa adalah aspek pendorong yang merangsang musim kawin. Tetapi, musim ini bisa beragam dari satu tempat ke tempat lain. memperoleh kalau sanca kembang di sekitaran Palembang, Sumatera Selatan, bertelur pada September-Oktober ; sesaat di sekitaran Medan, Sumatera Utara pada bln. April-Mei.
Jantan ataupun betina bakal berpuasa di musim kawin, hingga ukuran badan jadi hal yang utama disini. Betina bahkan juga bakal meneruskan puasa sampai bertelur, serta begitu mungkin saja juga sampai telur menetas.

Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)
Breeding ULAR SANCA BATIK (Python Reticulatus)

Sanca kembang bertelur pada 10 sampai sekitaran 100 butir. Telur-telur ini ‘dierami’ pada suhu 88-90 °F (31-32 °C) sepanjang 80-90 hari, bahkan juga dapat kian lebih 100 hari. Ular betina bakal memutari telur-telur ini sembari berkontraksi. Gerakan otot ini menyebabkan panas yang bakal tingkatkan suhu telur sebagian derajat diatas suhu lingkungan. Betina bakal melindungi telur-telur ini dari pemangsa sampai menetas. Tetapi cuma hingga itu saja ; demikian menetas, bayi-bayi ular itu ditinggalkan serta nasibnya diserahkan ke alam.
gambar ular mengerami telur Python Reticulatus , ULAR SANCA BATIK

Tetapi bila Seorang menginginkan beternak Ular ini yakni :

  • Sediakan indukannya yang telah masak untuk produksi (jantan serta betina).
  • Tempat untuk breeding (beternak) umumnya memerlukan tempat yang cukup besar untuk kandang
  • ukuranya pada 2×1 mtr – 3-2mtr bergantung ukuran ularnya. bila tidak mau repot dapat memakai kamar atau ruang kosong dirumah kamu
  • Tempat untuk ingkubasi (tempat untuk mengerami telur). ada kok yang jual hanya harga nya mahal pada 2-4 jutaan. tetapi bila tidak mau memberi modal sangat banyak dapat membuatnya sendiri atau memakai almari yang utama disini yaitu suhunya serta kelembaban mesti ideal untuk menetaskan telur.
  • Media untuk telurnya umum digunaka “peat moss”, “sphaghum moss” atau “vermiculite”. tinggal mencari saja di reptilshop tentu ada yang jual. Medium ini bakal menolong telur-telur dari dehidrasi serta melindungi posisi telur supaya tak bergulir saat masuk ke ingkubator. tiap-tiap 1 minggu sekali anda mesti mengecheck kondisi telurnya.
  • Mengambil telur dari induk yang mengeraminya. mungkin saja ini lah bebrapa waktu mendebarkan lantaran induk walau jinak bila dalam fase mengerami ciri-cirinya beralih 180 derajat jadi tempramen galak. sesudah memperoleh telurnya tempatkan ke tempat yang telah di alasi media penetasan telur. oh iya menempatkan telurnya mesti seperti dimuka waktu mengambilnya yah jadi sebelumnya diambil serta setelah letaknya mesti sama
  • sesudah 80-90 hari kita dapat memanen hasih ternak kita

 

tag : cara breeding ular retic cara menetaskan telur ular phyton breeding ular ternak ular kobra cara mengawinkan ular sanca breeding ular cara beternak ular ball python breeding ular cara membuat inkubator telur reptil breeding ular cara breeding ular boa breeding ular berapa lama ular mengerami telurnya breeding ular cara membuat inkubator telur reptil breeding ular berapa lama telur ular menetas breeding ular berapa lama ular mengerami telurnya breeding ular cara mengawinkan ular sanca breeding ular cara mengawinkan ular phyton breeding ular cara beternak ular ball python breeding ular ternak ular kobra breeding ular hasil kawin silang ular breeding ular

 

Gambar Gravatar
Penulis lahir di Kota Tasikmala, pada 05 September 1996. Saat ini, ia sedang mendalami hobby nya yaitu Nge-Blog, Sambil mempelajar tentang pengaruh internet untuk kemajuan perusahaan