Ular sanca bodo atau Python molurus

Posted on
Ular sanca bodo atau Python molurus
Ular sanca bodo atau Python molurus

Ular sanca bodo atau Python molurus, termasuk juga satu diantara jenis ular yang banyak dipelihara oleh pencinta binatang. Tetapi banyak yang mengerti kalau ular sanca bodo yang umum dimaksud sebagai Asiatic Rock Python termasuk juga satu diantara binatang langka yang dilindungi undang-undang di Indonesia. Ular sanca bodo (Python molurus) dilindungi berdasar pada PP Nomer 7 Th. 1999.

Ular sanca bodo terdiri atas dua anak jenis (subspesies) yakni Python molurus molurus yang didapati di India, Bangladesh, Pakistan sampai Nepal serta Python molurus bivittatus yang hidup dengan cara alami di Indochina termasuk juga Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sumbawa, serta Sulawesi).

Ular sanca bodo dalam bhs Inggris di kenal sebagai Asiatic Rock Python, Burmese Python, atau Tiger Python. Sedang dalam bhs latin, ular yang banyak jadikan peliharaan ini dimaksud Python molurus (Linnaeus, 1758) sebagai yang bersinonim dengan Coluber molurus (Linnaeus, 1758).

Ular sanca bodo termasuk juga ular besar karena dapat meraih panjang 9 mtr., walau rata-rata cuma meraih 5 mtr. saja. Berat badan Burmese Python ini dapat meraih 160 kg.

Ular sanca bodo atau Python molurus
Ular sanca bodo atau Python molurus

Ular sanca bodo (Python molurus) memiliki warna basic kulitnya coklat muda sampai coklat tua, ada juga yang kuning atau krem, dengan belang-belang hitam atau coklat tua. Corak belang pada sanca bodo berbentuk jaringan dengan mata jaring nyaris berupa sisi empat.

Ular sanca bodo dengan cara alami menempati hutan tropis basah. Ular ini suka ada di tempat yg tidak jauh dari air atau tempat lembab bahkan juga terkadang di dekat pemukiman. Ular sanca bodo lebih sukai ada di tanah daripada bergulung di pohon, namun sesekall dia bakal memanjat pohon untuk memperoleh cahaya matahari manfaat menambah suhu badannya.

Ular sanca bodo atau Python molurus

Walau hewan ini termasuk juga binatang nokturnal (bekerja pada malam hari), tetapi sanca bodo juga suka berkeliaran disiang hari. Hewan yang banyak jadikan peliharaan ini .
mematikan mangsanya dengan cara melilit badannya. Makanan kesukaan sanca bodo diantaranya tikus, luwak, kera, bajing juga hewan besar seperti babi rimba, rusa serta kijang. Diluar itu mereka makan juga burung serta ayam rimba.

Seekor ular bodo betina sekali bertelur bisa meraih 40 butir bahkan juga lebih. Telur-telur itu bakal menetas sesudah 60-80 hari. Panjang anak yang baru menetas itu sekitar 60-70 cm.

Ular sanca bodo menyebar di India, Bangladesh, Pakistan sampai Nepal sampai ke Indonesia, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, serta Malaysia. Di Indonesia, ular sanca bodo (Python molurus) bisa diketemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sumbawa, sampai beberapa Sulawesi. Sebagian dekade paling akhir, hewan melata raksasa ini dapat juga diketemukan di rimba di Florida Amerika Serikat akibat banyak beberapa pemeliharanya yang melepas hewan ini demikian saja ke alam liar.

Ular sanca bodo walau mulai langka di Indonesia namun populasinya masihlah dikira banyak hingga IUCN Redlist masihlah melabelinya dalam status konservasi “Near Threatened” (Nyaris Terancam).

Satu yang tentu, walau hewan melata ini banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan tetapi banyak yg tidak tahu kalau ular sanca bodo ini termasuk juga hewan yang dilindungi seperti saudara dekatnya sanca timor (Python timorensis) karena makin langka di alam liar.

Klasifikasi ilmiah

Ular sanca bodo atau Python molurus albino
Ular sanca bodo atau Python molurus albino

Klasifikasi ilmiah : Kerajaan : Animalia ; Filum : Chordata ; Kelas : Reptilia ; Ordo : Squamata ; Upaordo : Serpentes ; Famili : Pythonidae ; Genus : Python ; Spesies : Python molurus ; Subspesies : Python molurus molurus serta Python molurus
bivittatus

Nama Ilmiah (latin) : Python molurus
Nama Indonesia : sanca bodo / Sanda manuk / Molu

Harga Ular sanca bodo atau Python molurus

Harga Ular sanca bodo atau Python molurus kirasan 300rb – ratusan juta tergantung jenis dari ular tersebut .

Python molurus ini termasuk hewan yang aga sudah di rawat (gampang terserang penyakit Flu )

Gambar Gravatar
Penulis lahir di Kota Tasikmala, pada 05 September 1996. Saat ini, ia sedang mendalami hobby nya yaitu Nge-Blog, Sambil mempelajar tentang pengaruh internet untuk kemajuan perusahaan